Kimia Hari Ini: Sedikit Tentang Protein


Protein
Protein adalah molekul raksasa dengan massa molekul sebesar (6.000-1.000.000). dalam tubuh, protein berupa hormon, berfungsi sebagai pembawa pesan kimia untuk mengatur kegiatan biokimia yakni mengatur kadar gula dalam darah. Sebagai hemoglobin, berfungsi melayani transportasi O2 dari paru-paru ke seluruh sel. Sebagai myosin, membentuk serat yang panjang sebagai penyusun jaringan otot. Sebagai keratin, menyusun jaringan kuku, rambut, dan sebagai antibodi untuk melawan penyakit.
Asam amino
Protein merupakan polimer dengan monomer yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Asam amino adalah asam organik yang mempunyai dua gugus fungsional, yaitu gugus karboksil (-COOH) dan gugus amina (-NH3). Gugus karboksil bersifat asam sedangkan amina bersifat basa. Karena ini asam amino netral bersifat amfoter.
Karena gugus asam (-COOH) adalah proton donor sedang gugus basa (-NH3) adalah proton aseptor maka pada asam amino dapat terjadi perpindahan proton dari gugus –COOH ke gugus –NH3 sehingga terbentuk sebuah molekul yang memiliki sifat kation dan biasa disebut ion zwitter.

1 comment
  1. Membantu sekali materinya….😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *